Pandunan Umroh, Isi dan manfaatnya bagi Umat Islam

Dalam pembahasan ini kita akan memahami tentang judul diatas yang membahas sebuah objek kajian tentang panduan umroh. Sebagaimana kita tahu bahwa umroh merupakan sebuah ibadah yang dilakukan di tanah suci yang dilakukan dengan waktu dan tata cara tertentu. Meskipun ibadah ini berbeda dengan ibadah haji. Aspek penting yang membedakannya adalah aspek waktu pelaksanaannya. Ibadah dalam aspek waktu selalu dilakukan pada bulan-bulan idul adha. Sedang ibadah umroh dilaksanakan pada bulan-bulan kapan pun. Kembali kedalam pembahasan judul, pedoman dasar dalam melaksanakan ibadah ini ternyata begitu penting untuk dirumusakan dalam bentuk tulisan. Ketika sudah dirumusakan dalam bentuk tulisan orang menjadi tahu dan dapat mempelajarinya.



Mari Kita Kaji


Panduan umroh yang dijadikan objek kajian pada tulisan ini dapat diartikan sebagai pedoman dasar sebelum orang melaksanakan kegiatan ibadah umroh ditanah suci. Panduan ini berisi tentang petunjuk-petunjuk dan materi yang ada dalam tata cara dan tata laksananya dalam ibadah umroh. Panduan ini memberikan kemudahan dalam memahami tujuan dan kegiatan-kegiatan umat  muslim ketika menjalankan ibadah umrah. Terkait dengan isi dari panduan ini sama seperti dengan ibadah haji yang memaparkan tentang mekanisme-mekanisme yang dijalankan selama beribadah. Misalkan terkait dengan rukun, syarat dan wajib dari ibadah haji/ umroh tersebut.

Tentang panduan umroh menjelaskan bahwa didalam ibadah umroh terdapat beberapa pengetahuan dasar yang tidak bisa ditinggalkan. Terutama dalam hal rukun dan syarat umroh. Kedua hal ini menjadi penting, ketika itu tidak dilakukan dalam melaksanaka ibadah umroh, maka proses ibadah kita menjadi kurang sempurna. Jadi maksud dari rukun dan syarat umroh menjadi sebuah pengetahuan yang harus diketahui oleh umat Islam. Misalkan tentan rukun umroh. Rukun umroh berisikan tentang hal-hal yang sangat penting yang harus kita lakukan ketika melaksanakan ibadah umoroh. Seperti: Tawaf, Sa’i, Wukuf, Tahallul. Bagian-bagian rukun umroh ini masih berupa konsep yang harus dijelaskan. Maka menjadi penting sebuah panduan yang di harapkan fungsi dan tujuannya sebagai pedoman ibadah umroh umat islam di Makkah.

0 Response to "Pandunan Umroh, Isi dan manfaatnya bagi Umat Islam"

Posting Komentar