FAQ & Perizinan Usaha Di Indonesia

Perizinan Usaha dan FAQ merupakan salah satu elemen penting yang harus diketahui oleh setiap pelaku usaha baik skala kecil, menengah dan besar. Sejak beberapa tahun terakhir, prosedur izin usaha di Indonesia  dipermudah dimana tujuannya supaya mendorong semakin berkembangnya dunia usaha. Mengingat keberadaan usaha berperan sebagai indikator penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Harus diakui bahwa masih banyak pelaku usaha tanah air belum melakukan proses perizinan usaha seperti yang telah ditetapkan dalam Undang Undang dan Peraturan yang berlaku. Alasan yang sering mereka (pelaku usaha) lontarkan salah satunya karena bingung dengan prosedur/ tata cara mengurus izin atas usaha bisnis yang mereka dirikan. Oleh karena itu pada kesempaatan kali ini akan mengulas Tanya Jawab yang sering diajukan (FAQ) pelaku usaha seperti yang dikutip dari situs resmi BKPM.
FAQ Mengenai Perizinan Usaha Investasi Indonesia

Berapa Batasan Minumum Modal Yang Disetor?
Berdasarkan peraturan yang dibuat oleh Kepala BKPM Nomor 5 Th 2013 menerangkan bahwa batasan minimum jumlah modal yang bisa disetor yakni sebesar Rp 2,5 Milyar atau nilai setara jika mengacu pada mata uang asing (Dollar AS, Yen, Euro, Poundsterling dan lainnya).

Apa Saja Jenis Insentif Yang Diberikan Pemerintah RI Terhadap Kegiatan Investasi?
Guna menarik dan meningkatkan minat investasi maka Pemerintah RI juga memberikan insentif kepada setiap kegiatan penanaman modal yakni berupa Tax Holiday, Tax Allowence, Fasilitas Perpajakan yanag memadai dan memfasilitas importasi modal/ peralatan/ bahan baku selama 2 tahun pertama produksi.

Bidang Industri Apa Yang Dilimpahkan Kementerian Perindustrian Kepada BKPM?
Berdasarkan peraturan Menteri Perindustrian Nomor 147 Tahun 2009 menyatakan bahwa jenis Industri yang dilimpahkan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meliputi Industri minuman beralkohol, Industri kertas Berharga, Industri pembuatan senjata dan amunisi, Industri yang memproduksi bahan beracun dan berbahaya, Industri prioritas skala Nasional dan Industri yang bersifat lintas provinsi.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai perizinan usaha dan FAQ / tanya jawab yang paling sering diajukan oleh pelaku usaha bisnis kepada BKPM. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi situs resmi BKPM, semoga informasi yang telah diterangkan bermanfaat bagi setiap pembaca.


0 Response to "FAQ & Perizinan Usaha Di Indonesia"

Posting Komentar