Beda Antara Biang Keringat Dengan Alergi

Bayi sering mengalami masalah kulit seperti ruam, bintik-bintik, benjolan yang menyebar. Hal itu membuat para orangtua bertanya-tanya apakah gangguan kulit tersebut biang keringat atau alergi. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang perbedaan biang keringat dan alergi pada bayi dan beserta informasi tentang obat biang keringat dan alergi.

A. Biang Keringat

Biang keringat atau dengan nama lain miliaria adalah gangguan yang terjadi akibat saluran kelenjar keringat tersumbat di kulit. Sehingga keringat akan menumpuk dan tidak bisa keluar ke permukaan kulit. Biang keringat sering dijumpai di daerah tropis karena memiliki suhu yang panas dengan kelembapan tinggi. Biang keringat lebih sering terjadi pada bayi karena 70 persen tubuh bayi mengandung air, hal itulah yang membuat bayi cepat mengeluarkan keringat dibandingkan orang dewasa.

Gejala pada biang keringat ringan ditandai dengan timbulnya bintik-bintik putih melenting, berair, mengkilap dan tanpa disertai gatal. Sedangkan gejala pada biang keringat yang lebih parah ditandai dengan timbulnya bintik-bintik merah, berair, dan parih yang disertai rasa gatal. Biang keringat biasanya muncul di daerah yang banyak mengeluarkan banyak keringat, seperti leher, dahi, punggung, dada, dan lipatan-lipatan kulit.
     
Cara megatasi biang keringat pada bayi adalah dengan cara menggunakan ZWT Zwitsal Extra Care Baby Powder with Zinc. Karena Zwitsal Extra Care memiliki kandungan zink dan allantoin yang bisa membantu mencegah dan mengatasi biang keringat dan iritasi, produk ini sangat aman digunakan pada kulit bayi yang sensitif serta produk ini mengandung Vitamin E yang memberikan nutrisi pada kulit bayi supaya tetap sehat, jadi ZWT Zwitsal sangat cocok sebagai pencegah dan obat biang keringat.

B. Alergi

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Penyakit alergi ini juga bisa menurun ke anak, jadi bagi orangtua yang memilki riwayat alergi maka kemungkinan besar bayinya juga mengidap alergi. Pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang mengidap alergi tersebut, pemicu alergi yang menyebabkan reaksi alergi tersebut meliputi gigitan serangga, bulu hewan, serbuk sari, tungau debu, obat-obatan, dan makanan tertentu.

Gejala alergi ditandai dengan timbul bercak merah atau bentol seperti biduran disertai rasa gatal, bintik kemerahan pada alergi biasanya bentuknya lebih luas dibandingkan biang keringat dan bisa muncul disembarang tempat bagian badan. Untuk mengatasinya hindari faktor-faktor pemicu alergi tersebut dan konsultasikan ke dokter. 

Ya sedikit banyak memang biang keringat pada bayi juga menimbulkan keresahan pada orang tuanya, oleh karenanya mungkin informasi ini bermanfaat. Dan ittulah informasi tentang perbedaan biang keringat dan alergi pada bayi beserta obatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Beda Antara Biang Keringat Dengan Alergi"

Posting Komentar