Gula Cair Kulit Singkong Ala IPB


Untuk menambah manis pada makanan ataupun minuman yang dikonsumsi biasanya Anda akan menggunakan gula yang terbuat dari tebu, yang merupakan tumbuhan utama penghasil gula ataupun gula aren yang berasal dari tumbuhan aren. Namun di tahun 2015, mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor) berhasil memperkenalkan produk inovatif bernama Gucakusi yang berasal dari nama Gula Cair Kulit Singkong.

Galih Nugraha, Farauq Arrahman dan Putri Vionita dari Institut Pertanian Bogor menciptakan Gucakusi awalnya karena ingin memanfaatkan kulit singkong yang selama ini menjadi limbah dan dibuang karena sudah tidak diperlukan selain sebagai pakan ternak. Namun penggunaan kulit singkong yang terlalu banyak pada hewan ternak dapat menyebabkan keracunan karena terdapat sianida yang dapat membunuh hewan ternak.

Dari hal tersebut, ketiga mahasiswa IPB tersebut akhirnya berinisiatif untuk mengubah kulit singkong menjadi produk yang bernilai yaitu dengan menjadikannya sebagai kulit cair dengan melalui tahapan tertentu, yaitu:

  • Pilih kulit singkong dan haluskan,
  • Campur kulit singkong yang telah dihaluskan dengan enzim alfa-amilase,
  • Tahap sakarifikasi dengan pendinginan dari suhu 105oC enjadi 60oC dan dimasukkan ke toples kaca sakarifikasi dan ditambah dengan enzim amiloglukosidase,
  • Pemucatan dengan arang aktif,
  • Penyaringan,
  • Penguapan agar hasil gula menjadi pekat yaitu dari 30-35 brix hingga 43-80 brix.


Gula cair kulit singkong dari IPB (Institut Pertanian Bogor) tersebut mengandung energi sebanyak 106 kkal dan angka tersebut ternyata lebih rendah dari gula pasir atau kurang dari 1/3 dari energi yang ada di gula pasir. Pengujian komposisi dengan metode HPLC menunjukkan jika Gucakusi ini mempunyai kandungan fruktosa sebesar 4677.21 mg/1000 gr, maltosa 0.11 mg/ 1000 gr dan glukosa 24.62 mg/1000 gr. Dari hasil penelitian tersebut yang menyebutkan jika gula cair dari kulit singkong tersebut mempunyai kandungan kalori rendah sebesar 106 kkal/100 gr sehingga cocok dipergunakan bagi Anda yang menderita diabetes namun tetap ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Gula ini juga mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan gula kelapa sehingga dapat juga digunakan untuk diet. Tidak heran jika Gucakusi menyabet MIIIE (Macau Internasional Innovation and Invention Exhibition) 2015.

0 Response to "Gula Cair Kulit Singkong Ala IPB"

Posting Komentar