Dampak Positif Dan Negative Melakukan Pijat Bayi

Sentuhan dan pijatan pada bayi yang diberikan oleh orang tuanya (ayah dan ibu) dapat memberikan jaminan perasaan aman pada diri si bayi, karena pada saat dilahirkan tubuh bayi masih sangat rawan dan belum terbiasa mengahadapi dunia luar, dengan seorang ibu atau ayah  memberikan sentuhan atau pijatan pada bayi salah satu kebutuhan si bayi terpenuhi, yaitu kebutuhan emosi (rasa sayang dan cinta).

pijat bayi


Seni pijat pada bayi telah dipraktikkan hampir di seluruh dunia sejak dahulu, termasuk di Indonesia. Seni pijat pada bayi telah diajarkan secara turun-temurun, walaupun tidak diketahui bagaimana pijat dan sentuhan pada bayi dapat berpengaruh demikian positif pada proses tumbuh kembang si bayi. Adapun dampak-dampak dilakukannya pijat bayi, diantaranya :

Dampak Positif
●    Dapat menstimulasi saraf otak, hal ini sangat baik bagi perkembangan otak bayi.
●    Dapat melatih respon saraf yang dapat memacu perkembangan reflek tubuh bayi.
●    Dapat Melancarkan system peredaran darah dan system pencernaan bayi.
●    Dapat membantu perkembangan susunan otot bayi.
●    Dapat mengembangkan terjalinnya komunikasi atau interaksi antara bayi dan orang tua (apabila dilakukannya oleh orang tua sendiri).
●    Dapat memberikan rasa nyaman dan tenang pada si bayi.

Dampak positif
●    Dapat menyebabkan pembengkakan pada daaerah tertentu.
●    Terdapat luka lebam yang diakibatkan terlalu kerasnya dalam memijat.
●    Pergeseran urat (dapat disebabkan ketidak tahuan yang memijat).
●    Cidera, bahkan bisa menyebabkan kematian pada bayi

Oleh karena itu, belajar cara pijat bayi yang baik dan benar sangat dianjurkan bagi orang tua dan praktisi pijat, cara pijat yang sesuai dengan ketentuan medis dapat memberikan manfaat dan efek positif bagi bayi. Di samping itu cara pijat yang sesuai ketentuan medis dapat mengurangi resiko yang tidak baik pada bayi, karena beberapa kenyataan di lapangan banyak terjadi praktik pijat bayi yang berefek samping kurang baik dikarenakan sang praktisi pijat bayi bukan tenaga ahli atau tenaga professional (yang sudah sangat berpengalaman), sehingga sering terjadi kelalaian atau kesalahan dikarenakan kurangnya pengetahuan sang praktisi.

0 Response to "Dampak Positif Dan Negative Melakukan Pijat Bayi"

Posting Komentar