Tiga Cara Bijak Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak


Meskipun jenjang pendidikan SD hingga SMA negeri di Indonesia sudah disubsidi penuh oleh pemerintah, namun tetap saja pada sekolah swasta tidak ada istilah gratis dan harus diakui bahwa biaya pendidikan di Indonesia termasuk mahal, apalagi untuk jenjang perguruan tinggi. Tidak seperti negara maju yang mana sudah menerapkan pendidikan gratis kepada warganya, orang tua di Indonesia harus cermat dan bijak dalam menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak.

Dengan melakukan persiapan sejak dini, maka orang tua tidak akan merasa terlalu berat dalam mengeluarkan biaya tambahan ketika anaknya hendak masuk ke perguruan tinggi, sering dijumpai seorang anak harus puas mengeyam pendidikan hingga SMA karena orang tuanya tidak memiliki dana persiapan yang cukup.Atau jika berhasil masuk perguruan tinggi, tentu saja pembayaran biaya pendidikan selama empat tahun kuliah akan memberatkan. Itulah kenapa menyiapkan tabungan untuk anak itu sangat penting dan berikut tiga cara bijak yang harus dilakukan orang tua.

 Ikut Tabungan Pendidikan

Ketika anak masih kecil, orang tua dapat langsung ikut tabungan pendidikan, jadi nanti setiap bulan orang tua akan menabung selama jangka waktu yang telah ditentukan. Katakanlah selama 15 tahun, jadi ketika meninggal dunia sebelum jangka waktu itu selesai maka bank akan menggunakan asuransi jiwa untuk menutup semua cicilan yang belum sempat terbayar. Dengan demikian masa depan seorang anak lebih terjamin.

 Ikut Asuransi Pendidikan

Metodenya mirip dengan tabungan pendidikan anak namun prosesnya lebih rumit karena hanya bisa cair sesuai jangka waktu misalnya selama 10 tahun maka anda harus menunggu selama itu supaya dana asuransinya cair, kecuali jika meninggal dunia. Meskipun prosesnya lebih rumit, asuransi pendidikan memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan dan anda dapat bergabung Futuready yang juga menawarkan asuransi pendidikan terbaik.

 Investasi Reksadana

Anda sebagai orang tua juga dapat melakukan investasi kecil kecilan dengan mengikuti program reksadana karena memiliki resiko yang kecil namun keuntungan yang sangat lumayan, apalagi jika anda mampu konsisten investasi lebih dari 10 tahun. Untuk memperkecil resiko disarankan untuk investasi ke berbagai instrumen seperti reksadana obligasi, saham atau deposito sehingga dapat membantu anda dalam menyiapkan dana pendidikan untuk sang anak.

Demikianlah cara bijak yang dapat anda coba mulai saat ini, jika ingin mempersiapkan dana untuk mendukung tabungan pendidikan anak anda ketika sudah besar nanti. Apalagi jika anda berencana menyekolahkan anak anda ke luar negeri tentu perlu dipersiapkan secara matang sehingga segala harapan dapat terwujud dan terlaksana.

0 Response to "Tiga Cara Bijak Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak"

Posting Komentar