Ini Beda Susu Formula dan ASI

Sebaik-baiknya susu formula tidak akan mengalahkan kandungan gizi yang ada pada ASI. Meskipun sekarang susu khusus untuk bayi itu telah diproses untuk menyamai ASI, tetap saja berbeda. Itulah alasan mengapa seorang ibu benar-benar dianjurkan untuk menyusui buah hatinya. Anda ingin tahu perbedaanny? Simak artikel berikut ini.
Google Images
Antibodi
Meskipun produk susu sekarang sudah dilengkapi dengan prebiotik, tapi jenis dan kadarnya berbeda dengan ASI. Antibodi pada ASI sesuai dengan kebutuhan buah hati kita sehingga tidak menimbulkan reaksi alergi. Sebaliknya, bagi bayi yang alergi terhadap protein atau antibodi tertentu dalam susu formula akan menimbulkan gejala negatif. Bisa jadi bayi tersebut sakit karena tidak cocok susunya.

Komposisi
Kandungan utama ASI adalah air, bahkan 87% dari Asi terdiri atas air. Ini akan memudahkan ASI diserap oleh buah hati kita. Sedangkan susu khusus bayi terbuat dari campuran susu sapi, kedelai, kambing, dengan zat tepung sehingga lebih kental dibanding ASI. Nah, komposisi ini dapat menyebabkan bayi susah BAB atua bahkan diare bila belum bisa beradaptasi.

Laktosa
Laktosa adalah karbohidrat dalam susu. Pada ASI, kandungan laktosanya hampir 2 kali lipat dibandingkan susu lainnya. Itulah alasan mengapa bayi dengan ASI menjadi lebih sehat. Selain itu, beberapa bayi menunjukkan intoleransi terhadap laktosa susu sapi karena molekulnya berbeda dengan ASI.

Whey
Susu formula dan ASI sama-sama mengandung whey dan casein, yaitu protein susu. Bedanya, kalau whey molekulnya lebih sederhana sehingga mudah dipecah. Sedangkan casein lebih kompleks. Dalam Asi terkandung whey yang jauh lebih banyak sedangkan susu sapi lebih banyak caseinnya. Itulah alasan mengapa susu sapi sulit dicerna oleh bayi.


Sekarang bunda sudah tahu tentang kelebihna ASI dibandingkan susu kaleng. Sebaiknya berikan Asi pada buah hati kita semaksimalnya. Kalau tidak bisa, pilihlah susu yang memiliki kandungan mirip dengan ASI seperti dijelaskan di atas.

0 Response to "Ini Beda Susu Formula dan ASI"

Posting Komentar