4 Penyebab Alergi Kulit Pada Orang Dewasa


Alergi Kulit merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap suatu kondisi ataupun zat yang dianggap tidak cocok sehingga menimbulkan berbagai keluhan yang dapat dirasakan dan tampak secara fisik. Seringkali alergi kulit sangat menganggu aktivitas seseorang hingga dapat menyebabkan perubahan pada lapisan kulit seperti bengkak kemerahan dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan jaringan epidermis kulit.

Alergi kulit tidak bisa disepelekan begitu saja, karena dampak yang ditimbulkannya sangat beragam mulai dari sekedar gatal gatal biasa, muncul bintik bintik merah hingga munculnya kantung yang berisi cairan nanah pada kulit. Untuk itulah jika kita terkena alergi harus mengetahui secara pasti apa penyebabnya sehingga kita dapat melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa penyebab alergi kulit pada orang dewasa.
  •  Keturunan Atau Faktor Genetik
    Suatu penyakit atau kelainan pada tubuh biasanya disebabkan oleh turunan dari orang tua karena orang tua mewarisi gen yang sifatnya spesifik kepada anaknya. Jadi misalnya gen tertentu menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap suatu faktor maka susunan gen spesifik itu juga ada pada tubuh anaknya.
  • Kandungan Zat Tertentu Pada Antibiotik
    Antibiotik yang dimaksud dapat berupa salep ataupun krim yang digunakan tanpa petunjuk dokter seperti contoh pada obat tropical yang digunakan pada pertolongan pertama pada kecelakaan seringkali menimbulkan masalah baru yaitu munculnya alergi pada kulit, terutama yang disebabkan oleh zat Neomycin Sulfate. Jadi jika kulit anda sensitif, maka tidak disarankan menggunakan krim tersebut.
  • Makanan Laut/ Seafood
    Seafood memang sangat enak, namun ada beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsinya karena dapat menimbulkan alergi, biasanya orang yang alergi terhadap seafood tidak dapat mentolelir bau amis dan garam yang terdapat didalamnya. Letakan saja seafood seperti udang diatas kulit, orang yang punya alergi maka kulitnya akan segera merespon dengan munculnya rasa gatal dan bintik bintik merah.
  • Menggunakan Perhiasan Imitasi
    Umumnya sering terjadi pada wanita yang gemar mengenakan perhiasaan imitasi yang bebahan dasar nikel, partikel logam pada perhiasan imitasi sangat mudah lepas sehingga langsung mengenai kulit. Tandanya yaitu munculnya ruam pada bagian kulit yang tertutup perhiasan tersebut, terkadang disertai oleh rasa gatal dan panas.

Demikianlah beberapa penyebab alergi kulit, oleh sebab itu sangat disarankan untuk selalu menggunakan sabun Lifebuoy yang akan menjaga kulit kita dari berbagai kuman penyebab alergi. Selain itu perlu adanya upaya dari kita seperti menjauhi semua faktor pemicu alergi, dengan demikian alergi kulit dapat diatasi dengan tindakan preventif yang kita lakukan.

1 Response to "4 Penyebab Alergi Kulit Pada Orang Dewasa"

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pusat Studi Informasi Kedokteran

    BalasHapus