Tips Menggunakan Pompa ASI

Sumber Gambar : Google Images

Banyak ibu muda yang kesulitan mengeluarkan Asi saat hari-hari awal pasca melahirkan. Tentu hal ini akan membuatnya bingung karena bayi maunya menyusu terus. Kalau Asi tidak keluar, bayi akan menangis. Nah, ibu harus cerdas dalam mengambil solusi. Coba gunakan pompa Asi bila memang terlalu sulit untuk mengeluarkannya. Berikut ini ada tips agar aman memakai pompa selama menyusui.

Ukuran Cup Harus Pas

Cup yang tidak sesuai dengan ukuran payudara Anda, misalnya terlalu besar atau kecil tentu akan membuatnya tidak optimal. Payudara mungkin akan terasa sakit, ASI tidak mau keluar, dan tidak tertampung. Nah, sebelum membeli pompa, sebaiknya cocokkan dulu dengan ukuran payudara ibu.

Jaga Kebersihan

Kebersihan pompa Asi dan tangan harus dipastikan sebelum mulai memerah Asi. Tangan dan alat yang kotor akan menyebabkan Asi terkontaminasi bakteri sehingga buah hati menjadi diare. Jangan lupa juga untuk membersihkan puting payudara dengan air dan kapas sebelum mulai memompa ataupun menyusui agar saluran ASI tidak buntu.

Bergantian Kanan/ Kiri

Memompa payudara harus dilakukan secara bergantian agar payudara Anda tidak berat sebelah. Setelah payudara kanan, kemudian pompa kembali di payudara kiri. Kalau ada Asi yang mengalir ketika payudara lain dipompa, sebaiknya tampung dan simpan karena ASI adalah makanan yang sangat berharga.

Berikan Tekanan yang Tepat

Tekanan yang terlalu keras pada pompa Asi akan menyebabkan payudara menjadi sakit. Sedangkan tekanan yang lemah tidak akan membuat Asi Anda keluar. Nah, tekanan pompa ini memang harus pas agar pengeluarannya juga lancar. Kalau menggunakan pompa yang elektrik lebih mudah dideteksi.

Jangan Bergantung

Meskipun tidak ada dampak negatifnya bagi kesehatan, tapi bergantung pada pompa payudara tentu tidak menguntungkan. Gunakan pompa sekali-kali saja. Terlalu sering memakai pompa Asi akan membuat sekitar payudara terdapat cap merah melingkar yang mengurangi nilai estetika. Menyusui secara langsung merupakan pilihan yang paling utama. Kalau memang tidak bisa, usahakan menggunakan pompa Asi dengan tangan dan alat secara bergantian agar semua kelenjar payudara dapat mengeluarkan Asi dengan maksimal.

0 Response to "Tips Menggunakan Pompa ASI"

Posting Komentar