ASI Sulit Keluar? Pakai Pompa ASI Saja

Google Images
Tidak semua ibu yang habis melahirkan langsung mampu mengeluarkan ASI dengan lancar. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Meski demikian, ibu harus mencari penyebab tidak keluarnya ASI yang akan diterangkan dalam ulasan berikut ini. Untuk cara mengatasinya bisa menggunakan pompa ASI.

Teknik Menyusui Kurang Tepat
Ibu muda biasanya belum terbiasa dengan teknik menyusui yang benar. Bayi hanya menghisap daerah putingnya saja, tidak sampai ke bagian areola (hitam di sekitar puting susu) sehingga rangsangan payudara kurang kuat. Tentu saja ASI tidak keluar kalau penyedotan tidak dilakukan sampai areola.

Tidak Sabaran
Alasan lain mengapa ibu tidak mampu mengeluarkan ASI dengan lancar karena mereka tidak sabar dalam prosesnya. Pada awal masa menyusui memang ASI tidak langsung keluar dalam jumlah besar. Nah, bayi harus selalu diajak menyusu agar hormon oksitosin dan prolaktin terus diproduksi. Kalau masih merasa sulit, boleh dibantu dengan pompa ASI.

Puting Tenggelam
Masalah menyusui memang kompleks terjadi pada ibu, terutama yang baru pertama kali punya anak. kali ini masalahnya adalah puting tenggelam. Anda bisa menggunakan spuid bersih yang dipotong bagian ujungnya. Kemudian pendorongnya dibalik untuk menyedot puting. Dengan begitu, bayi dapat menyusu dengan nyaman.

Kurang Percaya Diri
Kurang percaya diri juga dapat menyebabkan seorang ibu gagal memberikan ASI pada buah hati. Kadang mereka sudah merasa rendah diri karena payudaranya kecil, puting tenggelam, atau bayi tidak mau menyusu. Kemudian menghentikan proses menyusui. Anda dapat mencoba membeli penyedot ASI di sukamart agar mendorong ASI keluar.

Kurang Nutrisi
ASI juga berkaitan erat dengan nutrisi ibu. Beberapa makanan seperti daun-daunan hijau dipercaya dapat melancarkan air susu ibu. Cobalah memasak daun katuk dan daun beluntas ketika Anda menyusui demi melancarkan pengeluaran ASI.

Tidak Pernah Merawat Payudara
Alasan paling banyak yang menyebabkan ASI sulit keluar adalah kurangnya perawatan payudara. Akibatnya, puting tertutup oleh debu dan kotoran atau tenggelam sehingga ASI tidak bisa dikeluarkan. Anda harus membersihkan permukaan puting dulu sebelum melakukan pompa ASI. Semoga bermanfaat.


0 Response to "ASI Sulit Keluar? Pakai Pompa ASI Saja"

Posting Komentar